Jambu aneka rasa dalam pot yang menakjubkan

JAMBU AIR aneka rasa, dalam bentuk serta warna yang berbeda pula dalam satu pohon? Untuk beberapa pecinta buah lokal, tampilan semacam itu memang cukup menakjubkan. Namun tidak bagi Suwignyo BSc (63), yang sudah sejak delapan tahun terakhir sibuk berkreasi membiakan beraneka jenis jambu air secara vegetatif. Terlebih karena pensiunan sekretaris Binmas Dinas Pertanian Kabupaten Demak tersebut memang sangat gandrung dengan buah segar dari anggota famili Myrtaceae tersebut.

"Sudah sejak lama jambu air menjadi klangenan saya. Bahkan setiap kali mendapatkan tugas ke luar kota, buah yang pertama kali saya cari di lokasi pembiakan bibit atau pun pasar tanaman buah setempat adalah jambu air," ungkapnya, di sela kesibukannya mengelola Green Cafe, usaha sampingannya yang lain.

Sedikitnya ada sembilan jambu air dengan varietas berbeda telah dibiakkannya secara sambung pucuk atau enting oleh Babe - panggilan akrab Suwignyo. Antara lain Penrose Apple yang legit, Camplong yang krispi, Mutiara Hitam yang mulus dan marun, si daging tebal Citra, Merah Delima yang manis dan segar, Chincalo hijau dengan sensasi asamnya, juga Chincalo merah yang segar berair.

Bagi anda penyuka tambulampot, hasil kreasi bapak tiga anak dan kakek satu cucu ini merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan. Terlebih dengan pemeliharaan yang tidak begitu rumit, serta harga yang tidak banyak menguras kantong.

"Meski dalam satu batang pohon terdapat tiga sampai empat buah jambu air yang berbeda jenis, namun masingmasing buah tidak akan terintrusi rasanya. Justru tampilannya akan semakin unik dan cantik," kata Babe.

Dengan pemeliharaan yang benar, tambulampot jambu air aneka rasa, warna dan bentuk hasil kreasi Wignyo sudah dapat dinikmati buahnya ketika berumur enam bulan. Tak hanya itu, buah-buah menakjubkan sarat air itu mampu berproduksi pula hingga tiga kali dalam setahun.

this information from here

 

Reader Comments

g ad picny p'....... pdhal sy pngen bngt nanem tambulampot jenis jambu. tq, artikelny



Welcome to Glued Ideas Subtle For Blogger

Thank you for taking the time to visit my blog! Take a second to peak around and check out some of my previous posts. Of course, I would love to find out what you think as well, so make sure to comment. See you around!

Blogger Templates by Blog Forum